Tips Terhindar dari Virus atau Spiware

Sabtu, 31 Juli 2010.
Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, virus komputer sudah menjadi bagian dari Komputer. Virus komputer ini sangat beragam dan sangat banyak sekali macamnya dan beraneka ragam dari cara menginfeksinya dan beragam juga dari dampaknya pada komputer.

Sebenarnya Virus masuk kekomputer dikarenakan oleh kesalahan penggunanya sendiri (Human Error), bukan dikarenakan virusnya atau orang lain. Biasanya virus ini masuk melalui Flash Disk (USB Disk), Internet, Jaringan LAN (Local atau WAN), Disk, Blootooth, Wifi/Hotspot dan lain sebagainya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghindari masuknya Virus ke komputer anda.

1. Install atau Pasang Antivirus yang bisa anda Update secara rutin, salah satunya yang gratisan adalah AVG, anda bisa langsung download, Install dan Update secara online. di http://www.grisoft.com.

2. Selalu Update Antivirus secara periodik minimal sekali dalam seminggu, sebaiknya setiap hari jika anda selalu online internet, dan AVG ini setiap hari mengupdate secara otomatis tanpa anda melakukannya sendiri.

3. Hindari mengunjungi situs-situs aneh atau berbau fornografi, biasanya disitus-situs tersebut banyak sekali menyimpan virus dan spiware dan tanpa sepengetahuan anda masuk ke komputer dan menginfeksi komputer.

4. Jika mengdownload aplikasi-aplikasi atau software dari internet, hindari pula file-file berekstensi .EXE, karena biasanya virus-virus tersebut masuk atau menyamarkan diri lewat aplikasi dengan ekstension file EXE dan pada saat aplikasi dijalankan maka tersebarlah virus-virus tersebut masuk dan menginfeksi komputer anda. Jika mendownload sesuatu pastikan bahwa file berekstensi .ZIP, .RAR atau file2 kompressi lainnya.

5. Jika anda atau teman anda akan mengcopy sesuatu dengan menggunakan Flash Disk, pastikan scan dulu Flash Disknya.

Demikian sedikit tips dari saya dan semoga bermanfaat.

Comentários:

Posting Komentar

 
. © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |