Mencegah lebih baik dari pada mengobati

Jumat, 23 Juli 2010.
Wah judul diatas seperti sebuah iklan layanan masyarakat..tapi memang benar pernyataan diatas.sebaiknya kita mencegah daripada kita mengobati.
makanya sebelum anda terserang penyakit sebaiknya anda mencegahnya terlebih dahulu dengan menkonsumsi berbagai macam vitamin sebagai perisai/penghalang masuknya virus maupun penyakit kedalam tubuh.
hal demikian juga berlaku pada komputer kita.Anggap saja komputer itu tubuh kita,virus komputer diibaratkan penyakit.maka jika kita tidak pintar merawat komputer dengan meminum berbagai vitamin sebagai tameng/penangkal(ini kita ibaratkan antivirus)virus dengan mudahnya menyerang komputer.

Semakin hari ada saja virus baru yang diciptakan untuk merusak komputer kita.hal ini meresahkan kita sebagai orang yang sehari harinya bergantung kepada perangkat komputer.Bayangkan saja disaat sedang banyaknya pekerjaan yang harus segera kita selesaikan,tiba tiba komputer menunjukkan gejala gejala aneh seperti melambatnya sistem kerja,komputer tiba tiba mati sendiri,tidak bisa dibukanya beberapa program dan masih banyak lagi.yang lebih sialnya lagi setelah kita periksa dengan antivirus yang selama ini menjadi andalan kita,malah tidak menunjukkan hasil yang memuaskan.ia tidak dapat mendeteksi Virus yang baru saja bersarang di komputer kita.hal ini membuat kita semakin pusing karena harus memikirkan cara mengembalikan perfoma komputer kita.Sementara masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan.mau tidak mau semua pekerjaan kitapun tertunda.sebenarnya penggunaan antivirus tidak terlalu efektif walaupun kita sudah rajin mengupdate.Antivirus yang kita pakai selama ini hanya mencatat daftar virus virus buatan luar bukan virus buatan lokal walaupun ada juga jumlahnya cuma sedikit.bagaimana jika virus yang menyerang komputer adalah buatan anak lokal(dalam negri)..maka butuh waktu lama bagi antivirus untuk mengenalinya.seperti virus brontok yang dulu sempat menyebar ganas.Tapi sekarang sudah dibuatkan pembasminya.

beberapa hari yang lalu saya mengalami hal yang sama.saat akan memyelesaikan beberapa pekerjaan..tiba tiba komputer berubah jadi aneh.semua folder memunculkan extension .scr misalnya My folder.scr...ia hanya menyerang folder bukan file.
saya sendiri bingung virus apa yang baru menyerang komputer saya.ketika saya chek sistem propertiesnya..muncul sebuah nama FoldeREs.exe..apa mungkin itu nama virusnya?saya mencoba search di google dan ternyata hasilnya nihil..tidak ada satupun penjelasan yang saya dapatkan disana.yang lebih hebatnya lagi saat kita mencolokkan memory card atau flashdisk,virus itu langsung menginfeksi isi flashdisk.otomatis semua folder yang ada di dalam flashdisk memiliki extension .scr...tapi folder folder itu masih bisa dibuka..jadi saya berfikir virus ini merusak apa ya?untung antivirus saya sudah terupdate..jadi saat melakukan scanning..langsung muncul virus virus yang menginfeksi..setelah saya liat ternyata hanya trojan.sedihnya semua file yang sudah terinfek lenyap tanpa bekas..tapi anehnya file MP3 yang ada di winamp masih bisa dibuka.saat diliat di folder penyimpanannya malah gak ada.aneh kan?saya periksa di folder option pilihan untuk memunculkan extension malah hilang.sampe sekarang saya belum begitu jelas tentang virus ini.bagi rekan rekan semua yang pernah denger dan tau tentang virus ini..silahkan sharing disini kirim ke andi.kaneshir0@yahoo.com...nanti saya posting disini hehehe...
wah kok malah ngelantur sih...hehehe..selingan...
ok kembali kemasalah kita tadi...bahwa sebenarnya kita harus bersiap siap dengan segala daya upaya untuk bersiap dengan semua amunisi untuk mencegah virus masuk menyerang komputer kita.

1.pahami cara kerja dan bentuk virus
untuk mencegah masuknya virus ke komputer kita,hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui bentuk dan cara kerja virus.Virus bersifat destruktif yang berarti "merusak".berarti ketika virus ini menginfeksi komputer kita,ia akan merusak seluruh sistem yang ada dikomputer.Biasanya sipembuat virus memanfaatkan kelemahan kita.makanya anda semua harus mengenal ekstensi setiap file komputer.biasanya misalnya microsoft word .doc,Excel .xls,file text .txt dan masih banyak lagi.
yang harus anda lakukan adalah buka windows explorer|Tools|Folder Option|Show hidden files ini bertujuan untuk memunculkan semua file tersembunyi(hidden).Biasanya virus akan menyamar dengan file hidden.kemudian masih di dalam tab folder option Hilangkan cek "Hide Extensions for known file types".

2.Yakinkan bahwa file yang anda buka benar benar aman.Biasanya virus akan menyamar jadi salah sau file dikomputer kita.misalnya dia menyamar menjadi my document.doc(file microsoft word).Karena anda tidak tahu maka anda akan segera mengklik file tersebut.dan.."Boooom..."virus segera menginfeksi komputer anda.

3.matikan fitur autorun pada flashdisk
biasanya virus aklan menyerang lewat flashdisk.ia akan memanfaatkan fitur windows yaitu autorun.saat anda mencolokkan flashdisk maka virus akan langsung menyerang komputer anda.
Pemakai Windows XP dapat mengunduh Tweak UI, yang merupakan salah satu utilitas Microsoft Power Toys dari http://www.microsoft.com/windowsxp/downloads/powertoys/xppowertoys.mspx
Klik berkas TweakUIPowerToySetup untuk memasang utilitas tersebut. Setelah selesai luncurkan Tweak UI. Di panel sebelah kiri jendela aplikasi ini pilih My Computer, lalu pilih Types. Kosongkan kotak di samping Enable Autoplay for removable drives, lalu klik Apply. Kalau mau Anda bisa juga menonaktifkan pilihan Enable Autoplay for CD and DVD drives.

4.jangan pernah membuka email yang menurut anda aneh dan anda tidak tahu siapa pengirimnya..karena virus juga bisa menyebar lewat email.

5.informasi ini saya dapatkan dari seorang teman..katanya sekarang ada virus yang beredar lewat Yahoo messenger.jadi bagi anda yang sering memakai Yahoo messenger harap berhati hati.jangan sembarangan menerima add dari orang orang yang tidak anda kenal.karena bisa dipastikan itu adalah virus

6.yang terakhir rajin rajinlah mengupdate antivirus dan sering seringlah mencari informasi tentang virus virus terbaru...

semoga tips yang saya berikan dapat membantu...good luck!!!

Comentários:

Posting Komentar

 
. © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |